Friday, September 22, 2017

Pengertian Strategi dalam Pendidikan

Secara etimologi strategi adalah turunan dari kata dalam bahasa Yunani, strategos. Adapun strategos dapat diterjemahkan sebagai “komandan militer” pada zaman  demokrasi Athena. Pada mulanya istilah strategi digunakan dalam dunia militer  yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Sedangkan secara terminologi banyak ahli telah mengemukakan definisi  strategi dengan sudut pandang yang berbeda-beda namun pada dasarnya  kesemuanya itu mempunyai arti atau makna yang sama yakni pencapaian tujuan  secara efektif dan efisien, diantara para ahli yang merumuskan tentang definisi  strategi tersebut salah satu proses dimana untuk mencapai suatu tujuan dan  berorientasi pada masa depan untuk berinteraksi pada suatu persaingan guna  mencapai sasaran.
Menurut Hunger dan Wheelen, “strategi adalah   serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja  perusahaan dalam jangka panjang”. Manajemen strategi meliputi pengamatan  lingkungan, perumusan strategi (perencanaan strategis atau perencanaan jangka  panjang). Implementasi strategi dan evaluasi serta pengendalian.
“Strategi adalah rencana berskala besar yang berorintas jangkauan masa depan yang jauh serta ditetapkan sedemikian rupa sehingga memungkinkan organisasi berinteraksi secara efektif dengan lingkungannya dalam kondisi persaingan yang semuanya diarahkan pada optimalisasi pencapaian tujuan dengan berbagai sasaran organisasi yang bersangkutan (dalam Andi, 2003).”


Menurut Chandler strategi adalah sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah organisasi, dan arah serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi. Strategi merupakan program – program untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya (dalam Anogara, 2004:339). Jadi yang dimaksud strategi dalam penelitian ini adalah program–program yang dilaksanakan oleh Yayasan Mangrove Center Tuban dalam rangka mewujudkan visi atau tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya baik program secara tertulis maupun program yang tidak tertulis.

No comments:
Write comments