Friday, September 22, 2017

Teori Strategi Fred R. David

.      Teori Strategi Fred R. David

Menurut Chandler strategi adalah sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah organisasi, dan arah serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi. Strategi merupakan program – program untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya (dalam Anogara, 2004:339).
David (2002:12) mengungkapkan bahwa strategi adalah cara untuk mencapai sasaran jangka panjang. Sasaran dapat ditentukan sebagai hasil spesifik yang akan dicapai sebuah organisasi dengan melakukan misi dasarnya. Sasaran sangat diperlukan karena dapat menentukan arah, membantu dalam evaluasi, menciptakan sinergi, mengungkapkan prioritas, memfokuskan koordinasi dan menyediakan perencanaan secara efektif.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa strategi adalah serangkaian program yang dilakukan oleh organisasi untuk mewujudkan tujuan organisasi dan mengimplementasikan misi organisasi. Fred R. David (2002) mengungkapkan ada 3 tahapan dalam penentuan strategi, yaitu:
1.      Perumusan Strategi
Termasuk didalamnya adalah peluang dan ancaman yayasan, menetapkan kekuatan dan kelemahan yayasan, menetapkan obyektif jangka panjang, menghasilkan program alternatif dan memilih program tertentu untuk dilaksanakan. Tidak ada yayasan yang mempunyai sumber daya tidak terbatas, sehingga harus diputuskan alternatif mana yang akan memberikan keuntungan bagi sebuah organisasi.
2.      Implementasi Strategi
Implementasi strategi berarti memobilisasi anggota dan pengurus untuk mengubah strategi yang telah dirumuskan menjadi tindakan. Keberhasilan implementasi program kerja tergantung pada kemampuan pemimpin untuk memotivasi anggota. Oleh karena itu keterampilan interpersonal menjadi sangat penting demi keberhasilan implementasi strategi.
3.      Evaluasi Strategi
Evaluasi strategi adalah suatu usaha tindakan korektif yang dilakukan untuk memastikan sasaran/tujuan yang dilakukan telah tercapai. Semua strategi dapat dirubah dimasa depan karena faktor-faktor eksternal dan internal selalu berubah. (David, 2002:5)

Dari penjabaran teori strategi diatas, dapat diketahui bahwa dalam menentukan strategi suatu organisasi/yayasan memiliki 3 tahapan yaitu perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Perumusan strategi meliputi pertimbangan-pertimbangan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi organisasi dalam mewujudkan visi dan misi organisasi. Setelah melalui pertimbangan-pertimbangan itu, maka sebuah organisasi/yayasan akan mampu menentukan program-program kerja baik program kerja tertulis maupun tidak tertulis yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai visi dan misi organisasi.
Setelah merumuskan program-program kerja, tahapan selanjutnya adalah implementasi strategi. Program-program kerja yang telah disusun harus diwujudkan dalam bentuk perbuatan dan tindakan nyata. Dalam implementasi strategi, peran ketua dan pengurus yayasan sangatlah penting. Pemimpin harus mampu memotivasi anggota dan menjalin hubungan interpersonal demi keberhasilan implementasi strategi agar program kerja yang telah tersusun dapat terlaksana dengan baik sehingga visi dan misi organisasi dapat tercapai.
Tahap yang terakhir adalah evaluasi strategi. Evaluasi strategi merupakan tindakan yang dilakukan oleh pemimpin untuk memastikan sasaran/tujuan yang telah tercapai. Evaluasi strategi penting agar dapat mengetahui hasil pelaksanaan program-program kerja serta untuk menentukan program-program kerja yang akan dilakukan pada masa yang akan datang.

No comments:
Write comments