Thursday, September 21, 2017

Azas - azas Pendidikan

Menurut Ki Hajar Dewantara, azas pendidikan itu adalah tut wuri handayani, yang selanjutnya ditambah dengan dua semboyan untuk melengkapinya yaitu ;
1.      Ing Ngarso Sun Tulodo
Ing Ngarso Sun Tulodo artinya Ing Ngarso itu di depan /di muka, Sun berasal dari kata ingsun yang berarti saya, Tulodo artinya tauladan. Jadi makna  Ing Ngarso Sun Tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu menjadi suri tauladan bagi bawahan. Sehingga yang harus dipegang teguh oleh pemimpin adalah kata suri tauladan. Sebagai pemimpin harus memiliki sikap dan perilaku yang baik dalam segala langkah dan tindakannya agar dapat menjadi panutan.
2.      Ing Madyo Mbangun Karso
Ing madyo Mbangun Karso, Ing Madyo artinya di tengah – tengah, Mbangun berarti membangkitkan atau menggugah, Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat. Jadi makna dari kata itu seorang pemimpin harus mampu memberikan inovasi – inovasi dilingkungan tugasnya, mampu memberikan kesadaran bagi masyarakat sekitarnya.
3.      Tut Wuri Handanyani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan Handayani berarti memberikan dorongan semangat. Maka arti dari Tut Wuri Handayani ialah seorang pemimpian mampu memberikan dorongan moral dan semangat dari belakang. Dorongan moral ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena hal ini dapat menumbuhkan motivasi dan semangat. Dengan kata lain pemimpin disini harus mampu memberikan dorongan moral dari belakang agar orang – orang disekitarnya dapat merasa situasi yang baik dan bersahabat sehingga dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ketika guru dibelakang/mengikuti dia harus menjadi motivator/pendorong semangat anak didiknya atau seseorang guru harus mampu mengarahkan dan memotivasi peserta didik agar dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Begitu pula jika kita sadar bahwa berkembangnya karakter peserta didik memerlukan dorongan dan arahan pendidik, sebagai pendidik tentu akan terus berupaya menjadi motivator yang baik. Sebab dengan dorongan dan arahan pendidik maka karakter kreatif, mandiri, menghargai prestasi, dan pemberani serta peserta didik akan terbentuk dengan baik.

No comments:
Write comments