Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
|||||
2.1 Menghargai semangat dan
komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam
perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai dasar negara
2.2 Menghargai perilaku sesuai
norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3 Menghargai
sikap toleran terhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
2.4 Menghargai
semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya
sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan
RepubIik Indonesia (NKRI)
|
|||||
3.1
Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
4.1 Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan
semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan
Pancasila sebagai dasar negara”
|
Sejarah
dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila
sebagai dasar negara:
1.
Sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara
dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
a.
Sejarah perumusan Pancasila sebgai dasar negara
1)
Perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan
2)
Pembentukan BPUPKI
3)
Perumusan dasar negara dalam sidang BPUPKI
4)
Perumusan Piagam Jakarta
b.
Semangat dan komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila
sebagai dasar negara
2.
Sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara
dalam menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
a.
Sejarah penetapan Pancasila sebgai dasar negara
1)
Pembentukan PPKI
2)
Penetapan Pancasila sebagai dasar negara dalam
sidang PPKI
b.
Semangat dan komitmen para pendiri negara dalam penetepan Pancasila
sebagai dasar negara
|
Mengamati
·
Mengamati gambar perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan
·
Mengamati gambar suasana sidang BPUPKI, PPKI dan para pendiri negara
perumus dasar negara (Ir Soekarno, Muhammad Yamin, Mr Soepomo, dan yang lain)
·
Menyimak penjelasan guru tentang perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara
·
Membaca dari berbagai sumber belajar tentang
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara;
Menanya
· Mengajukan pertanyaan tentang perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan
· Menyusun pertanyaan tentang
sejarah dan semangat para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai
dasar negara
· Menyusun pertanyaan tentang
sejarah dan semangat para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai
dasar negara
Mengumpulkan
Data
· Mencari dari
berbagai sumber belajar dan mendiskusikan sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan
Pancasila sebagai dasar negara secara kelompok
· Mencari dari
berbagai sumber belajar dan mendiskusikan sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam menetapkan
Pancasila sebagai dasar negara secara kelompok
Mengasosiasi
· mendiskusikan hubungan berbagai informasi yang diperoleh untuk
menyimpulkan sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan Pancasila sebegai dasar
negara, seperti perbedaan dan persaam rumusan dasar negara yang diusulkan
dengan rumusan Piagam Jakarta, hubungan kekalahan Jepang dan pembentukan
BPUPKI, dan sebagainya
· mendiskusikan hubungan berbagai informasi yang diperoleh untuk
menyimpulkan sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam
menetapkan Pancasila sebegai dasar
negara, seperti perbedaan dan persamaan rumusan dasar negara Piagam Jakarta
dengan rumusan Pembukaan UUD 1945, akibat
perubahan rumusan dasan negara, dan sebagai nya
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
berbagai tugas individu dan kelompok tentang sejarah
dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan
Pancasila sebagai dasar negara
· Melaporkan hasil pengamatan
perilaku perwujudan semangat dan komitmen para pendiri negara dalam kehidupan
· Menyajikan sosiodrama
sidang pertama BPUPKI tentang perumusan dasar negara
|
·
Portofolio, penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang sejarah
dan semangat komitmen para pendiri
negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
·
Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang pengetahuan sejarah perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara.
·
Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian
proses untuk menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses
pembelajaran serta praktik sosiodrama
|
4 x 3 JP
|
· Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII, Jakarta
: Kemdikbud, 2013
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk
SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI,
2009
· www.wikipedia.com
|
3.2
Memahami sejarah perumusan dan pengesahan Undang –
Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.2 Menyaji hasil
telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Sejarah perumusan dan
penetapan UUD Negara
Republik Indonesia
Tahun 1945 :
1.
Perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.
Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa dan
negara Indonesia
3.
Semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
Mengamati
· Mengamati naskah UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Mengamati gambar suasana sidang BPUPKI dalam merumuskan UUD
· Membaca berbagai sumber tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
Menanya
· Mengajukan pertanyaan tentang sejarah perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh
BPUPKI
· Merumuskan pertanyaan
tentang sejarah pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh PPKI
· Menyusun pertanyaan tentang
semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Mengumpulkan
Data
· Mencari informasi dari berbagai sumber dan mendiskusikan tentang
sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Menganalisis semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan
mengesahkan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
Mengasosiasi
· Menyimpulkan tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
· Menyimpulkan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengomunikasikan
·
Menyusun tulisan singkat (bahan paparan, display, artikel dan
sebagainya) tentang sejarah
perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945
·
Mempresentasikan tulisan singkat di depan kelas
·
Melaporkan hasil analisis semangat pendiri negara dalam merumuskan dan
mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
·
Portofolio, penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang sejarah perumusan dan
pengesahan UUD Negara
Republik Indonesia
Tahun 1945
·
Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang pengetahuan sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian
proses untuk menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses
pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
·
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII, Jakarta : Kemdikbud, 2013
·
Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran
Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan
Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Referensi /Internet sesuai materi
pokok
|
3.3 Memahami
isi alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3 Menyajikan hasil
kajian isi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
·
Hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dengan Proklamasi Kemerdekaan
·
Nilai yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Makna yang terkandung dalam
setiap alinea Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
Mengamati
· Membaca naskah Pembukaan UUD Negara Republik Tahun 1945
· Membaca naskah Proklamasi Kemerdekaan
Menanya
Tanya jawab tentang :
· Isi Proklamasi Kemerdekaan
· Isi alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
· Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Mengumpulkan
Data
·
Mencari informasi dari
berbagai sumber dan mendiskusikan tentang Nilai Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
·
Mencari informasi dari
berbagai sumber dan mendiskusikan tentang makna alinea Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
·
Mencari informasi dari
berbagai sumber dan mendiskusikan tentang isi Proklamasi kemerdekaan
Mengasosiasi
· Menganalisis hubungan makna antaralinea Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
· Menghubungkan Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
· Menyimpulkan arti penting mempertahankan Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
tentang isi Pembukaan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Menyusun komitmen melalui ikrar, janji, atau tekad
untuk tidak merubah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
·
Portofolio, penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang isi alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
·
Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang pengetahuan isi
alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
·
Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian
proses untuk menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses
pembelajaran, serta praktik kewarganegaraan (ikrar)
|
4 x 3 JP
|
·
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII, Jakarta : Kemdikbud, 2013
·
Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran
Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan
Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Naskah Proklamasi Kemerdekaan
·
Referensi/Internet sesuai materi
pokok
|
3.4 Memahami
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
4.4 Menyaji hasil pengamatan
tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
|
1.
Norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
|
Mengamati
· Menyimak penjelasan guru tentang peristiwa berkaitan norma dalam
masyarakat
· Mengamati gambar masalah sosial berkaitan dengan norma seperti
kemacetan lalu lintas, pencurian, dan sebagainya.
Menanya
· Menyusun pertanyaan tentang pengertian dan macam norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
· Melakukan wawancara dengan berbagai pihak berkaitan dengan norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengumpulkan
Data
· Mencari informasi dari berbagai sumber dan mendiskusikan tentang
pengertian dan macam norma
· Mengumpulkan data tentang contoh berbagai norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengasosiasi
Mengkaji dan meyimpulkan hubungan antarnorma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil pengamatan norma yang berlaku melalui tulisan,
gambar, film, dan sebagainya
· Mensimulasikan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara
|
·
Portofolio, penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·
Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang pengetahuan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
·
Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian
proses untuk menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses
pembelajaran dan simulasi norma yang berlaku
·
Jurnal, untuk mencatat dan menilai pembiasaan
terhadap norma yang berlaku
|
2 x 3 JP
|
· Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII, Jakarta
: Kemdikbud, 2013
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk
SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Lingkungan kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
· Tokoh masyarakat dan aparat
pemerintah
· Referensi/Internet
sesuai materi pokok
|
2.
Arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
|
Mengamati
Mengamati dan membaca peristiwa yang terjadi dalam
kehidupan bermasyarakat dan benegara, seperti suasana ketertiban dan
ketidaktertiban.
Menanya
Mengajukan pertanyaan berkaitan peristiwa
seperti siapa, di mana, kapan, bagaimana, dan mengapa terjadi peristiwa.
Mengumpulkan Data
Mengumpulkan informasi melalui dari berbagai
sumber dan wawancara untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi
Menyimpulan arti penting norma dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil pengamatan/investigasi
peristiwa
|
·
Portofolio, penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang arti penting norma dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·
Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian
proses untuk menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran
|
2 x 3 JP
|
||
3.5
Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
dalam kerangka NKRI
4.5
Menyaji
hasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh
dari NKRI
|
1.
Makna sejarah berdiri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) :
a.
Makna Proklamasi kemerdekaan
b.
Makna NKRI
c.
Sikap positip mempertahankan NKRI
|
Mengamati
· Mengamati gambar monumen
perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan
· Mengamati gambar/film peristiwa Proklamasi kemerdekaan
· Mengamati naskah Proklamasi Kemerdekaan
· Menyimak penjelasan guru tentang gambar/film
Menanya
· Tanya jawab peristiwa perjuangan mendirikan NKRI
· Merumuskan pertanyaan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
Mengumpulkan Data
· Mencari informasi dari berbgai sumber dan mendiskusikan perjuangan
mendirikan NKRI
· Mencari informasi dari berbgai sumber dan mendiskusikan makna
Proklamasi Kemerdekaan
· Mencari informasi dari berbagai sumber dan mendiskusikan makna NKRI
Mengasosiasi
· Mengkaji hubungan berbagai informasi tentang perjuangan mendirikan
NKRI
· Mengkaji hubungan berbagai informasi tentang Proklamasi Kemerdekaan
· Menyimpulkan arti penting mempertahankan NKRI
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil telaah sejarah berdiri NKRI melalui
display/tulisan/ bahan tayang.
· Menampilkan sosiodrama peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
|
·
Portofolio, penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang sejarah berdiri NKRI
·
Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang pengetahuan sejarah berdiri NKRI.
·
Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian
proses untuk menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses
pembelajaran, serta sosiodrama
|
4 x 3 JP
|
· Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII, Jakarta
: Kemdikbud, 2013
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk
SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI,
2009
· Tokoh pejuang
· Referensi sesuai
materi pokok
|
2.
Peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan
NKRI :
a.
Peran daerah tempat
tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
b.
Arti penting daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan
mempertahankan NKRI
c.
Semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami
daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak terpisah dalam
kerangka NKRI
|
Mengamati
Membaca wacana tentang peran daerah tempat
tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Menanya
Menyusun pertanyaan tentang peran peran daerah
tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengumpulkan
Data
· Wawancara dengan tokoh pejuang tentang peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan
mempertahankan NKRI
· Mencari informasi dari
berbagai sumber tentang peran daerah
tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengasosiasi
· Menyimpulkan tentang peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan
berdiri dan mempertahankan NKRI
· Menyimpulkan tentang arti penting daerah tempat tinggal dalam
perjuangan berdiri dan mempertahankan
NKRI
· Meyimpulkan semangat
persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian
yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI
Mengomunikasikan
Mempresentasikan tulisan tentang peran daerah
tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
|
·
Portofolio, penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang peran daerah tempat tinggal
dalam perjuangan berdiri NKRI
·
Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang pengetahuan peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri NKRI.
·
Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian
proses untuk menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses
pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII, Jakarta
: Kemdikbud, 2013
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk
SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI,
2009
· Tokoh pejuang
· Referensi sesuai
materi pokok
|
|
3.6 Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
4.6 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan
prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama,
ras, budaya, dan gender
|
1.
Keberagaman dalam masyarakat Indonesia
2.
Arti penting keberagaman dalam masyarakat Indonesia
3. Perilaku toleransi dalam
masyarakat terhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya,
dan gender
|
Mengamati
· Mengamati keanekaragaman suku, agama, ras, budaya, dan gender dalam
masyarakat
· Mengamati peristiwa interaksi dengan teman dan orang lain yang
terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat
Menanya
· Merumuskan pertanyaan berkaitan keberagaman masyarakat Indonesia ,
seperti apa perbedaan dan persamaan, mengapa berbeda, dan sebagainya
· Menyusun pertanyaan berkaitan dengan peristiwa seperti siapa, apa,
kapan, bagaimana, mengapa interaksi terjadi.
Mengumpulkan
Data
· Mencari informasi dari berbagai sumber belajar dan mendiskusikan
tentang keberagaman masyarakat Indonesia
· Mengumpulkan informasi melalui berbagai sumber dan wawancara untuk
menjawab pertanyaan berkaitan peristiwa interaksi sosial
Mengasosiasi
· Mengkaji hubungan berbagai informasi tentang keberagaman masyarakat
Indonesia
·
Meyimpulkan arti
penting keberagaman dalam
masyarakat Indonesia
· Menyimpulkan arti penting sikap toleransi dalam masyarakat Indonesia
yang beragam
Mengomunikasikan
· Menyusun laporan dan mempresentasikan tentang keberagaman masyarakat
Indonesia
· Menampilkan keanekaragaman masyarakat Indonesia melalui
pameran/pentas budaya
|
·
Portofolio, penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang kebergaman
masyarakat Indonesia
·
Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang pengetahuan keberagaman masyarakat Indonesia
·
Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian
proses untuk menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses
pembelajaran,
·
Penilaian teman sejawat untuk menilai sikap
interaksi sosial
·
Projek, digunakan untuk penialian kegiatan pentas
budaya/pameran budaya
|
4 x 3 JP
|
·
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII, Jakarta : Kemdikbud, 2013
·
Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran
Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan
Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·
Referensi/Internet sesuai materi
pokok
·
Lingkungan masyarakat
·
Tokoh budaya, suku, agama
|
o
Memahami pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika
4.7
Menyaji hasil telaah tentang makna Bhinneka
Tunggal Ika
4.8
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang
mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
1.
Pengertian dan makna Bhinneka
Tunggal Ika
2.
Arti penting semboyan Bhinneka
Tungggal Ika bagi bangsa Indonesia
3.
Partisipasi kewarganegaan sebagai pencerminan komitmen terhadap kutuhan
nasional
|
Mengamati
· Membaca peristiwa keanekaragaman masyarakat dalam Bhinneka Tunggal Ika
· Mengamati kehidupan yang dilandasi persatuan dan kesataun
Menanya
Merumuskan pertanyaan berkaitan dengan hasil
pengamatan dikaitkan dengan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
Mengumpulkan Data
Mencari informasi dan mendiskusikan tentang
makna Bhinneka Tunggal Ika
Mengasosiasi
· Mengkaji hubungan berbagai infomasi yang diperoleh untuk menyimpulkan
makna Bhinneka Tunggal Ika
· Memenyimpulkan arti penting semboyan Bhinneka Tunggal Ika
Mengomunikasikan
· Menyusun laporan dan mempresentasikan hasil telaah tentang makna
Bhinneka Tunggal Ika
· Menyusun aksi kegiatan sosial sebagai perwujudan partisipasi
kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap kutuhan nasional, seperti
menolong teman yang sedang tertimpa musibah, menolong anggota masyarakat yang
membutuhkan, dan sebagainya.
|
·
Portofolio, penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang makna Bhinneka Tunggal Ika
·
Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang pengetahuan keberagaman dalam
masyarakat Indonesia serta pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika
·
Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian
proses untuk menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses
pembelajaran
·
Projek untuk menilai kegiatan partisipasi
kewarganegaraan
|
4 x 3 JP
|
· Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII, Jakarta
: Kemdikbud, 2013
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk
SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI,
2009
· Referensi sesuai
materi pokok
· Lingkungan masyarakat
|
No comments:
Write comments